Yuk, Kenali 6 Keuntungan Investasi!
  1. Home >
  2. Blog >
  3. Yuk, Kenali 6 Keuntungan Investasi!

Yuk, Kenali 6 Keuntungan Investasi!

PropertiLord - 17 Jun 2022
Share
thumbnail
Yuk, Kenali 6 Keuntungan Investasi!Sudahkah kamu memiliki rencana mengenai hidupmu? Bukan hanya rencana jangka pendek seperti memikirkan pakaian apa yang besok mau dipakai atau rencana makan malam hari ini, tetapi juga rencana jangka panjang seperti meraih gelar doktor di usia 24 tahun atau mimpi lainnya yang ingin kamu capai. Jika kamu sudah merencanakan hal ini, itu bagus! Terus lanjutkan!

Memang terkadang rencana tidak berjalan mulus seperti yang kita harapkan. Terkadang masalah mendesak bisa saja tiba-tiba muncul jika kita ceroboh atau kurang waspada seperti kecelakaan, sakit atau lainnya. Karnanya, kamu perlu menyiapkan rencana pendukung untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga.

Rencana pendukung seperti tabungan dan dana darurat perlu kita persiapkan untuk antisipasi. Selain dua hal tersebut, ternyata investasi juga bisa menjadi rencana pendukung lho. Meski sering disepelekan dan jarang dilakukan, tapi nyatanya investasi memiliki banyak sekali manfaat yang berguna untuk menunjang kehidupan kita.

Maka dari itu, di kesempatan kali ini kami akan memberitahukan kepada kalian apa saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika berinvestasi.

Simak sampai selesai, ya!

Investasi

Investasi sendiri merupakan salah satu cara dalam membangun kekayaan secara bertahap dalam jangka waktu tertentu. Ada banyak jenis investasi yang bisa kamu pilih seperti deposito, saham, reksa dana, properti, obligasi, emas, serta crypto.

Setiap instrumen investasi memiliki risiko serta keuntungan yang berbeda-beda. Pastikan kamu memilih instrumen investasi yang sesuai dengan tujuan dan toleransi risikomu.

Lalu apa saja sih keuntungan dari berinvestasi?


Belajar Mengambil Keputusan

Secara tidak sadar, investasi dapat melatihmu untuk terbiasa dalam mengambil sebuah keputusan finansial. Hal ini bisa mempertajam kemampuanmu dalam menganalisa untung rugi investasi.

Misalnya, jika kamu berencana ingin memiliki investasi jangka panjang, pastinya ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan seperti melakukan analisis fundamental, menghitung return yang didapat, memastikan tingkat resiko yang mungkin terjadi serta beberapa pertimbangan lainnya.


Melatih Tanggung Jawab

Selain melatih kita untuk mengambil keputusan, dengan investasi kita juga dilatih untuk bertanggung jawab atas pilihan kita. Semakin tinggi keuntungan investasi, maka semakin tinggi pula resiko yang mungkin akan terjadi. Inilah sebabnya kita juga dilatih untuk bertanggung jawab jika suatu saat mengalami kerugian. Ada baiknya, kamu sudah menyiapkan rencana cadangan sebagai antisipasi.

Jadi sebelum terjun ke dunia investasi, pastikan terlebih dahulu kamu benar-benar sudah mempelajari seluk beluk investasi serta menyadari betul risiko yang akan kamu hadapi.


Pendapatan Bertambah

Dengan berinvestasi kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan juga lho. Investasi bisa menjadi sumber passive income, sehingga kamu tidak hanya bergantung pada pendapatan tetap saja.

Dengan begini, kamu akan memiliki sumber penghasilan lebih dari satu. Bahkan kamu juga tidak sepenuhnya menggantungkan hidupmu dari gaji bulanan lagi, jika nilai investasimu sudah melampauinya.


Mempersiapkan Kebutuhan Masa Depan

Tentu kita tidak bisa memprediksi kondisi yang akan terjadi di masa depan kan, jadi sebisa mungkin kita harus memiliki sesuatu untuk menjadi jaminan masa depan, dan investasi adalah salah satunya.

Melalui investasi kamu dapat mempersiapkan kebutuhan finansial yang bisa dinikmati di kemudian hari. Selain itu, nilai dari investasi jangka panjang juga cenderung meningkat dari tahun ke tahun, bahkan kamu bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Dengan begitu, kebutuhan di masa mendatang seperti kesehatan, pernikahan, pendidikan anak bahkan dana hari tua pun dapat terpenuhi.


Dana Pensiun Lebih Siap

Siapa sih yang mau masa tua-nya sengsara? Pasti gak ada dong. Nah kaum muda, jangan terbiasa menghambur-hamburkan uang yang kalian miliki saat ini, ya! Sekarang sudah saatnya bagi kamu untuk memikirkan kebutuhan dana pensiun agar di masa tua kamu bisa tenang. Investasi dapat membantumu menabung untuk mempersiapkan finansial di masa depan.

Tentunya setiap investasi yang dilakukan terdapat keuntungan dan kelemahannya tersendiri. Jadi, kamu harus mempelajari secara detail agar mendapatkan keuntungan maksimal dalam berinvestasi.


Memproteksi Daya Beli Dari Inflasi

Tahu kah kamu kalau daya beli uang kita tiap tahun menurun akibat inflasi?

Benar sekali, setiap tahun daya beli uang kita semakin menurun dikarenakan tingkat inflasi yang terus meningkat. Contoh mudahnya, dulu kita bisa membeli es teh manis seharga 500 rupiah kan? Namun sekarang apakah uang 500 rupiah masih bisa mendapatkan es teh manis?

Inilah bukti daya beli kita semakin tergerus inflasi setiap tahunnya.

Inflasi pada umumnya disebabkan oleh tiga hal, pull of demand (permintaan lebih tinggi dari stok barang), cost push (meningkatnya harga barang karena kenaikan biaya produksi), dan kebijakan pemerintah (mencabut subsidi).

Nah, investasi bisa melindungi daya beli uang kita dari inflasi. Kamu dapat menginvestasikan dana milikmu pada instrumen investasi yang memiliki imbal hasil lebih tinggi dari laju inflasi. Untuk jangka pendek, kamu dapat berinvestasi pada obligasi, reksadana, dan surat berharga nasional (SBN). Dan investasi yang cocok dijadikan sebagai aset jangka panjang adalah saham, properti, dan emas.


Kesimpulan

Ada berbagai keuntungan yang kita dapatkan dalam berinvestasi, seperti mendorong kita untuk belajar mengambil keputusan, melatih tanggung jawab jika mendapatkan kerugian, memiliki pendapatan tambahan, mempersiapkan kebutuhan masa depan dan dana pensiun kita serta melindungi uang kita dari ancaman inflasi yang mungkin terjadi.

Sayangnya, banyak kaum muda yang masih sering menyepelekan investasi. Padahal, usia 20-an justru berada dalam posisi utama memasuki dunia investasi.

Berinvestasi berarti menempatkan uang kalian yang berpotensi mendapatkan return – apalagi jika disimpan dalam jangka waktu yang panjang. Aset investasi juga beragam dengan tingkat pengembalian yang berbeda pula. Jadi pastikan kamu memilih instrumen investasi yang sesuai dengan perencanaan keuangan-mu.

Yuk mulai investasi-mu hari ini!

PLGL::v2/landing.h2.blog